Galeri Jual Beli

Galeri Jual Beli
Jual Beli Semua Kebutuhan
Headlines News :

Visitors

Home » , , , , , , , , » LANGKAH-LANGKAH PROSES SEMIWASH KOPI ARABIKA SUKAMENAK KOFFIE ( Kopi Arabika terbaik Espresso)

LANGKAH-LANGKAH PROSES SEMIWASH KOPI ARABIKA SUKAMENAK KOFFIE ( Kopi Arabika terbaik Espresso)

Written By Fungkopina on Selasa, 12 Desember 2023 | Selasa, Desember 12, 2023

 


PROSES SEMI WASH

Proses yang cepat petani bisa segera mendapatkan uang dari penjualan kopi nya adalah dengan proses Semi wash disebut juga dengan metode giling basah karena melibatkan air pada prosesnya. Proses pasca panen yang sering disebut proses semi wash.

Langkah-langkah proses semi wash adalah seperti Kulit dari cherry kopi yang telah matang dikupas dengan alat yang disebut pulper. Langkah ini disebut pulping.

Semi wash tidak melibatkan tahapan metode pencucian buah kopi yang begitu banyak seperti full wash, ketika menjadi biji kopi mungkin sekilas tidak terlihat perbedaan antara keduanya, namun perihal rasa secara umum proses semi wash akan memiliki body yang jelas dan berpotensi untuk sajian espresso.

Kopi yang telah dikupas kemudian didiamkan di dalam karung selama satu malam untuk proses fermentasi dan menghilangkan lendir yang masih menempel.

Setelah itu, kopi dicuci bersih sampai lendirnya hilang dan dijemur sampai setengah kering. Gabah kopi yang masih setengah kering dikupas kulit tanduknya dengan alat yang disebut huller. Proses ini disebut hulling.


Proses hulling ini akan menghasilkan green bean yang masih setengah kering. Green bean ini selanjutnya dijemur hingga kadar air nya mencapai 12-12%.

Jadi, dibutuhkan dua kali penjemuran dalam proses semi wash ini, yaitu pada saat kopi masih berupa gabah dan pada saat kopi telah terkupas sempurna atau green bean. Masa penjemuran adalah sampai kadar air dalam kopi hanya tersisa 12-13%.

Proses semi wash ini akan menghasilkan kopi dengan karakter body yang tebal, rasa manis yang intens, dan tingkat keasaman yang lebih rendah

 link pembeliannya di tokopedia atau langsung ke tocobacco.id dan untuk rasa dan kemasan lain kunjungi juga Flavoria sundanese coffee



Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Galeri Industri dan Kopi Sumedang - All Rights Reserved
Edited Created by Creating Website Suport by Penyu Biru
Proudly powered by Blogger